Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Peluncuran Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2021

Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT) Mengikuti kegiatan Peluncuran program pertukaran mahasiswa merdeka telah dilaksanakan pada hari senin, 12 April 2021 pukul 13.00 WIB melalui Zoom meeting dan streaming Youtube Kemendikbud RI. Acara ini dihadiri oleh berbagai instansi kementerian / lembaga, LLDikti, perguruan tinggi, dan media massa.

Setelah sebelumnya pendaftaran dibuka untuk perguruan tinggi dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) terlebih dahulu untuk memberikan waktu bagi mereka merancang berbagai aktivitas bertema kebhinekaan serta mempersiapkan mata kuliah dan infrastruktur kampus untuk pelaksanaan program Pertukaran Mahasiswa Merdeka,

Kini pendaftaran mahasiswa calon peserta kegiatan Pertukaran Mahasiswa Merdeka pun akan dibuka pada hari Senin tanggal 14 Juni 2021 sampai dengan tanggal hari Minggu 27 Juni 2021.  

Untuk cara mendaftar / login mahasiswa silahkan ikuti langkah-langkah sesuai pada link berikut ini.http://kampusmerdekaumt.ac.id/2021/04/25/panduan-pendaftaran-pembuatan-akun-kampus-merdeka-bagi-mahasiswa-umt/

Dalam kesempatan itu, Mas Menteri Nadiem Makarim juga mengajak kepada semua Perguruan Tinggi untuk mendorong mahasiswanya mengikuti program tersebut agar mahasiswa dapat mengeksplorasi keragaman budaya daerah tujuannya, memperkenalkan budaya daerah asalnya, dan berkesempatan mengikuti perkuliahan di perguruan tinggi penerima.

Melalui program Pertukaran Mahasiswa Merdeka, mahasiswa berkesempatan untuk mengenal keragaman budaya Indonesia melalui berbagai aktivitas berbagi dan saling mengenal kebudayaan antara satu daerah dengan daerah lainnya. Mahasiswa juga berkesempatan untuk memperkuat atau memperluas kompetensi akademiknya dengan mengambil mata kuliah di perguruan tinggi lain.

Hal tersebut menjadi modal berharga untuk mahasiswa nantinya dalam menapak jenjang karir dan mempersiapkan diri sebagai calon pemimpin bangsa di masa depan dan pengabdiannya terhadap bangsa dan negara. Melalui program Pertukaran Mahasiswa Merdeka ini pula, perguruan tinggi dapat saling bekerja sama dan belajar untuk meningkatkan kualitasnya. Sehingga semua perguruan tinggi akan bersama-sama membangun pendidikan yang berkualitas.

Perguruan tinggi juga dapat mencetak mahasiswa-mahasiswa yang tangguh secara akademik dan mengenal dekat saudara-saudaranya dari berbagai penjuru nusantara sehingga dapat menghormati perbedaan suku dan agama di Indonesia dan merayakan berbagai keragaman bangsa ini. 

Materi tentang Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka dapat diunduh disini :

Untuk lebih lengkapnya mengenai peluncuran program Pertukaran Mahasiswa Merdeka ini silahkan saksikan rekaman streaming youtube dengan link berikut.

Dan Ikuti informasi pendidikan dan kebudayaan melalui kanal berikut:

Laman: kemdikbud.go.id 

Twitter: Kemdikbud_RI

Instagram: kemdikbud.ri

Facebook: kemdikbud.ri

YouTube: KEMENDIKBUD RI

Sampaikan pengaduan, saran, atau masukan melalui Unit Layanan Terpadu Kemendikbud di http://ult.kemdikbud.go.id/

Salam UMT Terus Mendepan

kampusmerdekaumt

Leave a Comment

Your email address will not be published.

*
*