Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Telah Dibuka Pendaftaran Dosen Pendamping (DPP) Program MSIB Angkatan 4 Tahun 2023

Dalam rangka implementasi Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi kembali menyelenggarakan Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Angkatan 4. Program ini bertujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menempuh pembelajaran di dunia kerja serta mewujudkan kolaborasi perguruan tinggi dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI). Info pendaftaran program MSIB 4 bagi mahasiswa telah kami infokan pada ulasan berikut.


Salah satu upaya untuk meningkatkan kolaborasi perguruan tinggi dan DUDI adalah melalui penempatan dosen pendamping program (DPP) pada mitra. DPP merupakan perwakilan akademisi yang akan mendampingi pelaksanaan program pembelajaran di mitra.

Dalam menjalankan perannya, DPP memiliki tugas dan wewenang sebagai berikut:

  1. melakukan pendampingan dalam proses pelaksanaan Program MSIB;
  2. melakukan validasi dan verifikasi penilaian dari mentor;
  3. melakukan review terhadap rubrik penilaian pembelajaran mahasiswa, penilaian awal (initial assessment), dan penilaian akhir (final assessment) yang ditetapkan mentor;
  4. melakukan evaluasi secara berkala terkait dengan kondisi pembelajaran secara umum pada masing-masing mitra serta memberikan rekomendasi rancangan kegiatan dan pembelajaran agar memenuhi kompetensi sesuai dengan capaian pembelajaran;
  5. membuat rekomendasi terkait dengan konversi SKS yang disampaikan kepada koordinatorperguruan tinggi (PT) masing-masing PT yang mahasiswanya mengikuti program diinstitusi mitra yang didampingi;
  6. melakukan koordinasi dengan mentor dan koordinator PT secara berkala, paling sedikit satu kali setiap bulan; dan
  7. membuat laporan bulanan dan laporan akhir mengenai pendampingan mahasiswa sesuai dengan template.

“Agar kualitas program dapat terjaga dan dapat selalu ditingkatkan dari periode sebelumnya, kami membuka kesempatan bagi para akademisi untuk menjadi dosen pendamping program (DPP) MSIB yang berkolaborasi, mendampingi Mitra, dan memberikan rekomendasi terkait penyetaraan SKS pada program yang dijalankan oleh Mitra MSIB angkatan 4.” Demikian yang disampaikan oleh tim subpokja MSIB Angkatan 4 melalui Whatsapp group koordinator PT.

Perlu diketahui, dosen pendamping program (DPP) MSIB adalah perwakilan akademisi yang memiliki pengetahuan dan keahlian dalam bidang yang relevan dengan bidang bisnis Mitra program MSIB atau memiliki pemahaman yang memadai tentang project yang dilaksanakan di mitra tersebut. DPP tidak mendampingi mahasiswa, melainkan mereview, memberikan masukan, rekomendasi, dan menjaga kualitas program MSIB di mitra terkait.

Pembukaan Pendaftaran untuk DPP MSIB Angkatan 4 Tahun 2023 mulai tanggal 1 – 6 Januari 2023

Untuk pembuatan surat rekomendasi Perguruan Tinggi silahkan isi terlebih dahulu formulir berikut ini. 

Setelah surat rekomendasi PT yang sudah jadi dikirimkan melalui email/kontak whatsapp yang diisikan pada form tersebut, silahkan lanjutkan pendaftaran dengan mengisi data dan mengupload dokumen kelengkapan melalui tautan dari kemdikbudristek di bawah ini:

http://ringkas.kemdikbud.go.id/RegistDPPMSIB4

Seluruh akademisi dengan bidang keahlian yang relevan dengan bidang industri maupun project aktivitas yang dibuka dapat berpartisipasi.

Kuota penerimaan DPP MSIB pada angkatan 4 dibatasi sesuai pembagian kuota per mitra dengan jumlah posisi/project yang dibuka oleh mitra tersebut.

Mengenai Program Kampus Merdeka dapat dilihat di laman kemdikbudristek Laman : www.dikti.kemdikbud.go.id ; FB Fanpage : @ditjen.dikti ; Instagram : @ditjen.dikti ; Twitter : @ditjendikti
Youtube : Ditjen Dikti

Jika ada informasi yang kurang jelas terkait Program MSIB silahkan hubungi Koordinator MSIB UMT – Bambang Nurfauzi, No HP/WA 081297144566, semoga Program kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Salam Terus lebih baik melalui program MBKM

umt.ac.id/mbkm

Leave a Comment

Your email address will not be published.

*
*