PERAN IBU DALAM MELAHIRKAN WIRAUSAHA KREATIF
Tiga hari (24-26 Januari 2023) adalah kegiatan ekpose karya kreatif mahasiswa Parinkraf dengan tajuk “Pameran dan Bazar Hasil Karya Industri Kreatif, Berkreasi Diatas Imajinasi”. Selain pameran dan bazar di selasar lantai dasar kampus juga ada seminar dan master class di Aula Jenderal Soedirman yang sejatinya dilakukan dalam rangka ekspose pembuktian sejauhmana link and match antara kurikulum pembelajaran teoretik dan praktik yang ada di Industri maupun masyarakat luas. Dari rangkaian acara terdapat dua event Master Class berupa Latte and Coffe Knowledge dan Wine Knowledge. Satu sisi pengenalan produk khas nusantara berupa kopi yang notabene sesuai infomasi dari nara sumber Martin Lase (Ketua Kopi Cikalang) saat ini terdapat sekitar 160 jenis kopi khas Indonesia. Disini lain kepada mahasiswa juga diperkenalkan illmu anggur yang oleh narasumber dari Italy Michelle Carboti diperkenalkan sebagai bentuk bisnis waralaba yang sudah hadir di hampir seluruh dunia. Dari dua kutub inilah sekiranya peran IBU yang dalam hal ini bukanlah sosok ibu biologis akan tetapi sebuah lembaga Inkubator Bisnis dan Usaha dengan tugas pokoh dan fungsi memandu lahirnya wirausaha kreatif mendunia.
Untuk menjelaskan aspek fenomena kedua event tersebut maka perlu kami jelaskan keberadaan lembaga INKUBATOR BISNIS DAN USAHA (IBU) sebagai lembaga independen bentukan Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Banten dan Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Banten serta sejak Maret 2019 menyatakan sebagai lembaga afiliasi dari Fakultas Pariwisata dan Industri Kreatif Universitas Muhammadiyah Tangerang (Rakor MPK, MPM, Hw dan Parinkraf 2018) dengan tugas dan tanggung jawab melakukan pendampingan konsultansi layanan pemberdayaan masyarakat dalam bentuk BINA SEHAT, BINA ILMU dan BINA USAHA.
Dalam diskusi internal sesama dosen dan civitas akademika di level fakultas ada kesepakatan bahwa Bina Sehat disimbolkan dengan Sepatu, Bina Ilmu dengan Buku, Bina Usaha dengan Baju. Adapun tagline yang dibangun melalui IBU adalah Dengan Inovasi Bangun Negeri, One Village One Porduct, One Scout, One Destination, Hidupkan Ranting Majukan Persyarikatan Untuk Indonesia Hebat. Semoga dengan tagline ini kedepan berharap akan teripta gerakan massif secara nasional melalui kebijakan Pemuda Penggerak Desa Wisata dan Desa Kreatif, bekerja sama dengan Jaringan Wisata Muhammadiyah (JSM) sejalan dengan respon positif terhadap Kebijakan Kemenparekraf Republik Indonesia perihal Desa Wisata dan Desa Kreatif melalui Jaringan Desa Wisata atau JADESTA dan untuk komunitas wisata dunia terdapat wadah PLANETERA yaitu Global Community Tourism Network. Sesuatu yang dapat dipastikan adalah bahwa semua pembelajaran baik di dalam mapun luar kampus dinisbatkan dalam rangka pencapaian visi UMT menuju Perguruan Tinggi Kelas Dunia yang Islami berbasis Green Industry.
Baca Cara Kreatif Mahasiswa Design Komunikasi Viual UMT Go Public:
Fakultas Pariwisata dan Industri Kreatif (Parinkraf) terus mendorong dan mendukung Mahasiswa, Dosen serta seluruh personil untuk terus berkegiatan dan berinovasi guna terus memajukan Fakultas Pariwisata dan Industri Kreatif (Parinkraf) dan UMT baik di dalam negeri maupun di luar negeri.
Social Media
Untuk Info Pendaftaran Mahasiswa & lainnya silahkan hubungi (021) 59583364 atau datang langsung ke Fakultas Pariwisata dan Industri Kreatif (Parinkraf) UMT Lantai 4.
Semoga Program/kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar serta memberikan kebermanfaatan bagi semua pihak.
Salam Parinkrafers,
umt.ac.id/parinkraf/