Fakultas Hukum Gelar Stadium General dengan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban Republik Indonesia

TANGERANG, UMT – Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Tangerang gelar Stadium General dengan menggandeng LPSK (Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban) dengan mengusung tema : Peran LPSK Dalam Menjamin Hak Restitusi Korban Tindak Pidana. Bertempat di Aula Jenderal Sudirman, Selasa (03/10/2023).

Dalam Stadium General ini Wakil Ketua LPSK RI (Dr. Meneger, MH, MA) bertindak sebagai Narasumber dengan mengacu pada Tema : Peran LPSK Dalam Menjamin Hak Restitusi Korban Tindak Pidana.

Stadium General (Kuliah Umum) tersebut dilaporkan oleh Ketua Panitia Imran B. Razif, SH., MH. menyampaikan bahwa kegiatan ini yang dilakukan awal tahun ajaran semester ganjil untuk Mahasiswa Semester I (Wajib), Mahasiswa Semester 3,5,7 (Sunnah). Dalam Stadium General ini kita mengangkat isu-isu aktual yang lagi trend pada saat ini. Mengacu pada tema tersebut jika mengikuti putusan fenomenal yang menjatuhkan restitusi terhadap korban tindak pidana sebesar 25 Milliar Rupiah.

“Semua ini berkat pengajuan LPSK (Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban) yang kemudian diterima oleh Majelis Hakim. Pada hari ini Narasumber kita akan menyampaikan bagaimana proses LPSK dan mengapa LPSK menjadi penting saat ini ditengah pergeseran pidana bukan lagi pelaku tapi kemudian mengakomodir korban (victimology),” tutur Ketua Panitia.

Selanjutnya, Dekan Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Tangerang memberikan sambutan sekaligus membuka Stadium General (Kuliah Umum) ini. Dekan FH UM Tangerang menyampaikan bahwa Stadium General ini dilaksanakan pada Awal Tahun Ajaran Baru.

“Beberapa tahun yang lalu paling banyak tema tersebut terkait Hukum Pidana baru dua kali. Keterkaitan pada Hukum Pidana menjadi sebuah yang menarik. Mungkin untuk Mahasiswa Baru ini adalah sebuah pengetahuan atau ilmu yang baru. Kaitan dengan pengetahuan antara Saksi dan Korban sudah familiar. Bagaimana LSPK yang akan berkaitan dengan implementasinya,” ujarnya.

“Mahasiswa Baru belajar 3 kali atau 5 kali pertemuan terkait dengan korelasinya Hukum Pidana mungkin ini sebuah sesuatu yang baru tetapi setidaknya yang baru ini yang membuat penasaran dan bahkan menambah semangat mahasiswa-mahasiswa baru untuk bisa memahami peran dari LPSK. Pada pidana sendiri kaitan dengan Hak Restitusi lalu pergantian ganti rugi yang dimana memang LPSK sendiri baru berdiri pada tahun 2008 untuk bagaimana melindungi Saksi dan Korban,” tuturnya.

“Jangan melewatkan kesempatan baik ini karena Insya Allah kuliah pada hari ini adalah kita datangkan Narasumber yang qualified dan mudah-mudahan bisa interaktif,” ucapnya.

Selanjutnya Dekan Fakultas Hukum mengucapkan Selamat Datang di Fakultas Hukum UM Tangerang kepada Wakil Ketua LPSK bapak Dr. Meneger, MH, M.A., selaku narasumber dalam kegiatan Stadium General ini.

“Dengan mengucap Bismillahirohmanirrohim Stadium General (Kuliah Umum) Resmi dibuka, tok tok tok suara palu diketuknya.”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

*
*

 WhatsApp
x
PMB
Agen Pelayanan
Send
 
x
 
x
 
x
 
x
 
x
 
x
 
x
 
x
 Contact us
x
Customer Service
Pusat Informasi
Kirim
Email is incorrect
Terima kasih sudah berpesan!