• Pendaftaran Mahasiswa Baru
  • Pendaftaran Mahasantri
  • Kontak Kami

Rektor UMT Dorong seluruh Fakultas Maksimalkan Pemanfaatan Teknologi Digital

Rektor Universitas Muhammadiyah Tangerang, Dr. H. Ahmad Amarullah mendorong Struktural Fakultas menciptakan peluang-peluang baru dengan memaksimalkan pemanfaatan teknologi digital, khususnya di bidang pengabdian,penelitian dan pengembangan

Menurutnya, pandemi Covid-19 yang telah kita alami secara tidak langsung mendorong akselerasi adopsi teknologi digital di Indonesia. Tren pemanfaatan teknologi digital ini, kata dia, terlihat dari meningkatnya berbagai aktivitas secara daring di tengah masyarakat, misalnya kuliah online, belanja online dan penggunaan layanan keuangan digital.

“Kami mengapresiasi pelaksanaan Raker FEB ini yg mengusung tema  sejalan dg 10 strategi membangun kampus unggul, yaitu salah satunya mendorong integrasi semua layanan dg memanfaatkan ICT, ini sejalan dengan konsep dasar yang melekat pada visi UMT yang memiliki semangat internasionalisasi, agamis dan green industry, Senin (6/6/2022).

Rektor memaparkan bahwa dalam pelayanan akademik diharapkan dapat menghasilkan efektifitas dan efisiensi. Efektifitas karena satu kali entry saat daftar online data yg masuk bersumber dari mahasiswa  yg dipastikan akurat, lalu efisiensi diperoleh karena data yg masuk menjadi big data dan dapat digunakan untuk berbagai layanan. Jadi dengan penerapan layanan digital berarti one entry multy service (1 kali masuk data menghasilkan banyak layanan). Kemudian efisiensi dari perilaku digital ini juga akan mengurangi penggunaan kertas (papperless) dan mendukung terwujudnya percepatan visi green industry.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor juga mengajak para peserta raker untuk menegakan Keutuhan konsep Muhammadiyah yaitu membangun kecerdasan berbasis akhlakul karimah sebagai ekspresi dari nilai-nilai “Islami” yang termaktub dalam visi; dan tidak hanya menjadi tanggung jawab akademis LPK AIKA, tapi juga harus menjadi gerakan semua elemen kampus.

” Mari kita saling “mengingatkan” dan mengawasi untuk mewujudkan kampus yg islami melalui pelaksanaan sholat berjamaah di kampus sebagai bentuk semangat dalam memakmurkan masjid”. Ungkap Rektor, Konsep memakmurkan masjid juga masuk dalam salah satu indikator kinerja berupa proses Pembimbingan mahasiswa atau diskusi dengan mahasiswa  yang dilakukan di areal masjid. Ini bagian dari upaya kita mendekatkan generasi masa depan dengan masjid sbg pusat kebudayaan.” Jelas Rektor.

UMT dalam bidang administrasi keuangan sudah mulai mengimplementasikan digitalisasi yg terintegrasi untuk memudahkan mahasiswa dalam melakukan pembayaran kuliah. Saat ini UMT akan menerapkan hal serupa untuk data akademik  yang terintegrasi akan memudahkan sinkronisasi data mahasiswa di Fakultas, BAAK dan Biro Keuangan. Hal senada dikatakan Dr .Hamdani selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis ” Layanan berbasis digital sudah dilaksanakan di FEB dari mulai mahasiswa melakukan pendaftaran secara online. Kedepan sistem yg dikembangkan di FE akan terkoneksi dengan bagian akademik dan keuangan UMT, sehingga tidak lagi diperlukan validasi. Sehingga Efektifitas dan efesiensi bisa dilakukan sebagaimana layaknya konsep Green Industry” jelasnya. (Humas UMT)

Leave a comment