• Pendaftaran Mahasiswa Baru
  • Kontak Kami

Jurusan Kekinian Bisnis Digital, Bagaimana Peluang Masa Depannya?

Perkembangan bisnis digital di Indonesia sangat pesat beberapa tahun terakhir. Lihat saja bagaimana online shop merajalela di Instagram dan semakin populernya e-commerce. Banyak orang mulai memanfaatkan peluang ini untuk membuka bisnis online

Memulai bisnis online sederhana memang terhitung mudah. Caranya dengan membuat akun di Instagram atau di salah satu e-commerce lalu mengunggah foto produk yang ingin dijual. Namun, apakah sesimpel itu? Pada kenyataannya, tidak semua orang bisa mengelola bisnis online tersebut lho!

Nah, apakah kamu salah satu orang yang tertarik mengulik lebih jauh tentang bisnis online? Atau bahkan punya cita-cita jadi CEO dari startup digital yang kamu bangun sendiri? Tahukah kamu saat ini sudah mulai bermunculan Jurusan Bisnis Digital di beberapa universitas meskipun jumlahnya masih sangat jarang. Jurusan yang satu ini akan membawamu mewujudkan cita-cita untuk membangun bisnis online yang keren! 

Ketahui Selengkapnya Tentang Jurusan Bisnis Digital

Apa itu Jurusan Bisnis Digital?

Jurusan Bisnis Digital merupakan rumpun ilmu terapan yang mengaplikasikan bagaimana proses merancang suatu bisnis digital. Ilmu yang akan kamu peroleh di jurusan ini merupakan perpaduan dari bidang ilmu manajemen, bisnis, sistem informasi, hingga teknik informatika. 

Secara umum, jurusan ini ditujukan untuk mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang mampu menguasai bidang startup digital dan marketplace. Gelar sarjana yang diperoleh lulusannya pun bukan Sarjana Ekonomi atau Sarjana Manajemen, melainkan Sarjana Bisnis Digital (S.BD).

Apa saja yang dipelajari di Jurusan Bisnis Digital?

Seperti telah disebutkan di atas, ilmu yang akan kamu pelajari di Jurusan Bisnis Digital mencakup banyak bidang. So, banyak sekali ilmu menarik yang akan kamu dapatkan mulai dari ilmu tentang e-commerce, pengembangan web, user experience, pemrograman, keamanan siber, dan lain-lain.

Kalau kamu tertarik dengan dunia media sosial, di jurusan ini, kamu juga akan belajar tentang kunci melakukan pemasaran secara online, baik di media sosial maupun di sistem digital lainnya.

Bukan hanya fokus pada serba-serbi bisnis dengan teknologi digital, kamu juga akan mengulik dasar-dasar teori yang berkaitan dengan bisnis secara umum seperti pengantar bisnis, hukum bisnis, pengantar manajemen, perilaku konsumen, hingga kewirausahaan dan inovasi. 

Tak hanya belajar tentang teori dan strategi, kamu juga akan diberikan kesempatan untuk mengaplikasikan ilmu yang kamu peroleh di bangku kuliah melalui program magang, misalnya, atau kerja praktik lainnya.

Kampus mana yang menyediakan Jurusan Bisnis Digital?

Jurusan ini masih terbilang sangat langka. Baru sedikit kampus di Indonesia yang menawarkan Program Studi Bisnis Digital. Universitas Muhammadiyah Tangerang adalah universitas swasta pertama yang meluncurkan Program Studi Bisnis Digital di Banten dan Tangerang Raya lho

Perlu kamu ketahui, karena jurusan ini masih langka, untuk bisa masuk pun para calon mahasiswa harus melalui persaingan yang ketat mengingat peminatnya sangat besar. Mengapa? Karena prospek karier lulusannya dapat dibilang sangat cemerlang dan sangat relevan dengan situasi ekonomi saat ini. 

Bagaimana potensi karier lulusannya?

Bisa dibilang bahwa prospek karier untuk lulusan Bisnis Digital sangatlah luas. Terlebih dengan perkembangan industri digital yang sangat pesat. Apakah kamu tahu? Pada tahun 2020, transaksi e-commerce di Indonesia diperkirakan akan mencapai lebih dari Rp130 miliar! Angka yang fantastis, bukan? Maka dari itu, lulusan Jurusan Bisnis Digital sangat dicari oleh banyak perusahaan. 

Setelah lulus, kamu bisa bekerja di berbagai macam industri, mulai dari perbankan dan keuangan, konsultan bisnis, analis data, analis sistem, bekerja di salah satu e-commerce terkemuka di Indonesia, dan sebagainya.

Selain bekerja di perusahaan, kamu juga bisa membuka lahan pekerjaan bagi orang dengan merintis bisnis online sendiri. Bagi kamu yang memiliki minat mengembangkan bisnis online, di jurusan inilah kamu bisa belajar ilmunya kemudian menerapkannya di kehidupan nyata. Dijamin kamu akan lebih mengerti dan mampu bertahan serta mampu mengatasi perubahan di dunia digital nantinya.

Jurusan ini sangat cocok buat kamu yang teliti, kritis, memperhatikan detail, rasional, observan, dan senang menganalisis serta memecahkan masalah. Nah, bagi kamu yang ingin belajar lebih mendalam soal bisnis digital, kamu bisa mengambil Jurusan Bisnis Digital di Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT). UMT mulai membuka Jurusan Bisnis Digital di tahun 2021 ini.  Lulusan Jurusan Bisnis Digital UMT akan bergelar S.BD. 

Setiap lulusan akan memiliki pengetahuan perkembangan teknologi informasi dan bisnis yang akan diterapkan nantinya dalam berkarier. Lulusan juga diharapkan mampu menerapkan konsep teoritis yang didapat dari pembelajaran di kelas untuk mengambil keputusan dan menganalisis data untuk menghasilkan informasi sesuai kebutuhan bisnis. Sebagai hasil akhir, diharapkan mampu menggagas dan mengembangkan bisnis digital. 

UMT bekerja sama dengan perusahaan perusahaan yang mengembangkan bisnis digital di Indonesia seperti BCA, Tiket.com, Kawan Lama Group, Global Jet Commerce (JNT) dan masih banyak lagi. Kerja sama tersebut bertujuan mempersiapkan lulusan yang siap bekerja dengan menerapkan teori pada usaha bisnis digital ataupun di lingkungan kerja perusahaan atau organisasi. 

Jika kamu memiliki minat dan tertarik dengan Jurusan Bisnis Digital di UMT, kamu bisa mengunjungi situs web resmi kampus ini di www.umt.ac.id. Siap-siap menjadi bagian dari Revolusi Industri 4.0. dan dilirik banyak perusahaan setelah lulus nanti!

Leave a comment