• Pendaftaran Mahasiswa Baru
  • Kontak Kami

Cegah Plagiat,UMT Gelar Workshop Software Respository dan Turnitin

Tangerang – Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT) berencana memanfaatkan aplikasi Turnitin untuk mengurangi tingkat plagiarisme di kalangan mahasiswa. Penerapan teknologi ini dipantau secara langsung oleh Perpustakaan UMT dan LP3M UMT. Seperti dijelaskan Abdul Basith.
Perkembangan teknologi informasi saat ini memberikan kemudahan dalam berbagai aspek kehidupan. Melalui media internet, segala bentuk kebutuhan tugas perkuliahan mahasiswa dapat dengan mudah diakses melalui internet,
namun yang perlu dicermati, paparnya.

Dengan kemudahan akses internet dalam mencari sebuah data, tak jarang sebagian mahasiswa melakukan tindakan plagiarisme dalam mengerjakan tugas perkuliahan maupun tugas akhir (skripsi).
“Oleh karenanya, kita berencana menggunakan teknologi Turnitin untuk mengurangi tingkat plagiarisme di kalangan mahasiswa tersebut,” katanya,
dalam acara Workshop Software Respository dan Turnitin di Aula Jendral Sudirman, Kamis (29/4).
Dijelaskan, Turnitin merupakan sebuah software berbasis website yang memiliki fungsi untuk mengecek tingkat plagiasi pada tugas maupun skripsi mahasiswa. Selain untuk melihat tingkat plagiasi, aplikasi ini juga dapat memudahkan dosen dalam memberikan penilaian.
“Turnitin dapat memudahkan dosen dalam memberikan penilaian atas kualitas dari tugas yang dikerjakan oleh mahasiswa. Penilaian yang dilakukan akan lebih efektif dan efisien karena dapat diakses kapan saja dan di mana saja,” ujar Basith, dalam penjelasannya.
Menurutnya, cara kerja dari software tersebut yaitu pada bagian tulisan yang terdeteksi men-copy paste dari tulisan orang lain akan secara otomatis memiliki warna yang berbeda dari tulisan lainnya. Kalimat-kalimat yang mengandung unsur plagiat akan ditandai dengan warna berbeda-beda, serta dapat terdeteksi sumber website yang telah di copy paste oleh mahasiswa.
“Sebenarnya mengutip kalimat dari sumber website resmi sah-sah saja dilakukan, namun harus disertai dengan kutipan yang jelas dan sebagai penguat sumber tulisan yang telah dikutip sebagai bentuk apresiasi bagi penulis sebelumnya,” jelasnya.
Selain Software Turnitin ,UMT juga membuat software Respository yang berfungsi sebagai bentuk penyimpanan artikel dan jurnal resmi milik UMT , yang bisa di akses secara resmi oleh para mahasiswa UMT
www.respository.umt.ac.id.

Dalam kesempatan yang sama , wakil Rektor 1 Dr. H. Desri Arwen,M.Pd sangat mengapresiasi terkait program software Respository dan Turnitin ini , agar dalam kearsipannya UMT, yang lengkap dan sangat membantu juga dalam pengembangan kampus ini. Ujar Arwen

Leave a comment