• Pendaftaran Mahasiswa Baru
  • Kontak Kami

Libatkan Minang Diaspora, UMT dan UMSB,Kembangkan Usaha Wisata Halal

Kamis, 30 Januari 2020 bertempat di Aula Kampus 3 Bukit Tinggi telah tercapai kesepakatan dua fakultas bidang kepariwisataan berupa aksi lanjut dari Nota Kesepahman (MOU) yang ditandatangani oleh Dr. Riki Saputra, MA selaku Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) dan Dr. Ahmad Amarullah, M.Pd selaku Rektor Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT).

Aksi kongkrit yang akan dilakukan berupa kerjasama pendidikan dalam bentuk berbagi informasi kurikulum dan bahan ajar atau data sharing, dosen tamu atau visiting lecturer, pertukaran mahasiswa atau students exchange. Adapun di bidang penelitian dan pengabdian masyarakat segera dalam tahun 2020 akan disusun peta jalan atau roadmap penelitian dan pengabdian masyarakat yang akan menjadi acuan bagi fakultas, program studi maupun pengembangan karir dan kompetensi dosen. Adapun kerjasama publikasi berharap aktifitas pendidikan dan penelitian serta pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh dua fakultas sejenis diingkungan PTMA ini terpublikasikan di masing2 jurnal ilmiah baik jurnal Menara Ilmu yang diterbitkan oleh Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat maupun jurnal Parinkraf oleh Fakultas Pariwisata dan Industri Kreatif UMT.

Dalam sambutan pembuka, Rektor UMBS menyambut baik inisiatif dekan untuk membuat pemufakatan kerjasama dua PTMA ini apalagi  dihadiri oleh Wali Nagari Paninjauan, Darsel llyas dan tokoh minang Nasrul Aziz, pengusaha property yang bermukim di Jakarta. Atas nama warga Paninjauan kedua tokoh tersebut dalam sambutannya sekaligus mengundang rektor UMSB dan jajarannya untuk turut melakukan acara penanaman ladang hasil prakarsa Ikatan Keluarga Paninjauan Saiyo (IKPS). Dan secara khusus waliganari Paninjauan menjanjikan hibah lahan yang dapat dijadikan kawasan pendidikan agrowisata  atau ladang percontohan oleh program studi terkait di Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Demi menyamakan persepsi tentang berbagai hal rancangan kerjasama dimaksud maka akan diadakan serangkaian diskusi terfokus atau Focus Group Discussion (FGD) dengan tuan rumah bergantian di Padang Sumatera Barat dan Tangerang Banten.

Dalam diskusi santai paska penandatangan MOU serta  adanya komunikasi dengan Drektur Eksekutif Minang Diaspora  Bapak Bumalis Ilyas yang sejatinya akan hadir, tercetus kesepakatan UMSB siap menjadi tuan rumah Semiloka Pendidikan dan Pengembangan Usaha Wisata Halal apabila organisasi Minang Diaspora Network Global (MDN-G) mempercayakan UMSB menjadi tuan rumah pada tahun 2021 sebuah even  pertemuan rutin tahunan para perantau minang sedunia.

Membangun sinergi dengan pelaku usaha minang sedunia setidaknya bagi perguruan tinggi muhammadiyah yang memiliki program studi relevan menjadi momentum membentuk jejaring orientasi, magang dan praktik usaha bagi mahasiswa dan dosen. Sebagaimana diketahui bahwa ada empat lembaga pendidikan tinggi muhammadiyah yang memiliki program studi keparwisataan yaitu PTM Aceh, PTM Sumatera Barat, PTM Tangerang, dan PTM Jember.

Kerjasama antar program studi sejenis akan semakin mantap apabila bangunan jejaring tersebut juga bersinergi dengan pelaku bisnis yang ada dalam wadah MDG-N. Tentu saja bangunan sinergi pendidikan dengan dunia usaha dan dunia industri (DU/DI) menjadi bagian dari semangat kolaborasi Bersama Bangun Bangsa dan Cerahkan Semesta sejalan dengan tema muktamar 107 tahun muhmmadiyah bangun negeri yang akan berlangsung bulan Juli 2020 di Solo.

Kerjasama sinergi dengan berbagai komunitas menjadi bagian dari antisipasi konsep kampus dan belajar merdeka oleh Madiknas Nadiem Makarim. Dalam hal ini, Dekan Parinkraf UMT sebagai anggota Taskforce Bidang Pengembangan Wisata MDG-N juga menginformasikan bahwa UMT sudah menjalin kerjasama dengan MDN-G dalam bentuk keringanan biaya kuliah di empat program studi, yatu : Prodi S1 Pariwisata, Prodi D3 Periklanan, Prodi S1 Desain Komunikasi Visual, dan Prodi S1 Transportasi.

Adapun informasi lengkap tentang program studi yang dimaksud dapat dilihat di www.parinkrafumt.ac.id. Barangkali kerjasama serupa juga bisa dilakukan oleh UMSB sebagai bentuk bangun sinergi pendidikan dengan dunia usaha dan industri. Banyak usaha dan perusahaan perantau/masyarakat minang yang bisa dijadikan mitra pembelajaran melalui kerjasama dimana salah satu karya kreatif  MDG-N adalah pemberian diskon atau cashback kepada pemegang kartu digital (brizzi) yang bernama Minang Card yang disiapkan oleh yayasan diaspora minang bekerjasama dengan BRI. Selain sebagai kartu diskon di merchant2 yang bekerjasama, semua usaha dan jasa warga MDN-G tampil dalam akun youtube Minang Diaspora dan dipromosikan dimedia sosial lainnya seperti Facebook, instagram, twitter, website resmi Minang Diaspora.

Bagi kalangan yang minat gabung dalam program digitalisasi dan promosi online bisnis urang awak sekaligus memperkuat jaringain perantau minang sedunia agar bisa bersaing dalam era globalisasi, dapat mengirim foto atau video ke email minangdiasporanetwork@gmail.com. Sementara yang ingin berartisispasi dalam menyusun peta sebaran usaha  dapat mengisi form survey di http://bit.ly/IBUPanduNusantara. 

Leave a comment