• Pendaftaran Mahasiswa Baru
  • Kontak Kami

UMT Adakan PraWorkshop Pengembangan Skema Sertifikasi LSP

UMT_Media – Dalam rangka persiapan memberikan tenaga dosen berkompeten Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) UMT menyelenggarakan PraWorkshop Pengembangan Skema Sertifikasi LSP UMT. Kegiatan ini berlangsung dua hari29 -30 Januari 2020  bertempat di Auditorium Lantai 6.
Kegiatan yang diikuti oleh kepala program studi dari berbagai setiap fakultas. LSP UMT sengaja mendatangkan Drs. Mulyanto, MM sebagai narasumber. Selama dua hari, narasumber yang merupakan Komisioner Asesor Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) ini memberikan beragam materi teoritis hingga praktis.
Di awal pertemuan, Mulyadi menggali skemata peserta tentang Amanat Tenaga Dosen Berkompeten. Dalam proses kemajuan institusi pendidikan khususnya Universitas Muhammadiyah Tangerang. Dengan begitu, perlu adanya pengakuan yang menjamin mutu mahasiswa selain ijazah, yakni sertifikat kompetensi. Oleh karena itu, skema LSP ini perlu dan penting untuk segera disiapkan, tambah pemateri yang juga berstatus sebagai dosen tetap. Sertifikasi kompetensi merupakan pengakuan kompetensi atas prestasi lulusan yang sesuai dengan keahlian dalam cabang ilmunya dan/atau memiliki prestasi di luar program studinya. Sertifikat kompetensi ini nantinya menjadi Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI). Adanya SKPI kini menjadi penting bagi lulusan perguruan tinggi karena dapat meningkatkan daya saing di dunia kerja.Ungkap Mulyadi Direktur LSP UMT.
Melalui kegiatan ini, narasumber memiliki harapan yang sama dengan LSP UMT sebagai penyelenggara kegiatan. Walaupun ada beberapa prodi di yang belum memiliki skema, paparan narsum diharapkan dapat menambah wawasan peserta serta meningkatkan semangat untuk menyiapkan skema. Ke depan, tiap prodi di UMT diharapkan dapat memiliki minimal satu skema dan dosen-dosen UMT bisa menjadi asesor. Dengan demikian, ada jaminan mutu bagi setiap mahasiswa lulusan UMT berupa sertifikat kompetensi yang menjadi SKPI sesuai SN DIKTI untuk siap menghadapi tuntutan persaingan global.
Workshop ini bertujuan untuk menambah referensi informasi dan meningkatkan pemahaman di kalangan para dosen UMT baik yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung dengan lembaga sertifikasi profesi yang sudah dimiliki UMT. Ujar Ahmad Amarullah Rektor Universitas Muhammadiyah Tangerang

Leave a comment