×

Sejarah


SEKAPUR SIRIH

Pada tanggal 1 Juni 1993 STIE Muhammadiyah Tangerang didirikan yang merupakan salah satu amal usaha milik Persyarikatan Muhammadiyah di bawah naungan Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan (DIKTILITBANG) Muhammadiyah berdasarkan Surat Keputusan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DKI Jakarta No.1.A/SK/B/1992 tertanggal 10 November 1992. Seiring berjalanya waktu, menyusul pula berdirinya STAI Muhammadiyah Tangerang tahun 2000, kemudian berdiri pula STIKES Muhammadiyah Tangerang tahun 2004. Ketiga amal usaha Muhammadiyah terseut di bawah naungan dan milik Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Tangerang.

Dengan seiring tuntutan zaman yang semakin kompetitif, maka Musyawarah Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Tangerang periode 2005-2010 merekomendasikan pendirian Universitas Muhammadiyah Tangerang, dengan gagasan yang telah dipertimbangkan secara matang bahwa landasan Amal Usaha Muhammadiyah di Kota Tangerang memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan. Selain terdapat kesepakatan dari ketiga pimpinan Sekolah Tinggi Muhammadiyah yang telah ada untuk bergabung dalam mendirikan Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT). Ketiga lembaga tersebut ialah STIEM, STAI, dan STIKES Muhammadiyah, setelah melalui proses yang panjang akhirnya terdapat kesepakatan untuk mendirikan UMT. Akhirnya proposal pendirian UMT mendapat respon positif dari Menteri Pendidikan Nasional dan pada tanggal 3 Agustus 2009 terbitlah SK Mendiknas RI Nomor 109/D/0/2009 tentang IJin Operasional UMT. Berdasarkan SK tersebut, UMT telah memiliki Program Studi baru hasil Visitasi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Dinas Pendidikan Nasional. Prodi-prodi tersebut antara lain:

1. Fakultas Ekonomi (S.1 Akkuntansi, S.1 Manajemen dan D.3 Akuntansi)

2. Fakultas Agama Islam (S.1 PAI, S.1 Perbankan Syari'ah dan S.1 Pendidikan Bahasa Arab)

3. Fakultas Kesehatan (S.1 Keperawatan, D.III Kebidanan, D.IV Bidan Pendidik dan Profesi Ners)

4. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (S.1 Pendidikan Matematika, S.1 Pendidikan Bahasa Inggris, S.1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, S.1 PGSD, S.1 PG-PAUD)

5. Fakultas Teknik (S.1 Teknik Informatika, S.1 Teknik Elektro, S.1 Teknik Sipil, S.1 Teknik Mesin, dan S.1 Teknik Industri)

6. Fakultas Hukum (S.2 Ilmu Hukum)

7. Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik (S.1 Ilmu Komunikasi, S.1 Ilmu Pemerintahan)

8, Program Pascasarjana (Magister Manajemen)