PELATIHAN INSTRUKTUR NASIONAL, agenda awal program Kaderisasi Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah

Written by Admin. Posted in Universitas

IMG01408-20130214-203028

Jakarta - Perkaderan selalu dikatakan sebagai pusat roda organisasi selain daripada konsolidasi, perkaderan adalah tulang sungsum sebuah organisasi  maka karena itu Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah mengevaluasi bagaimana agar perkaderan ini dilakukan secara berkala kalau perlu kwantitas ditingkatkan dan didampingi dengan kwalitas yang semakin hari semakin baik. Dalam rangka itu Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah menyelenggarakan Pelatihan Instruktur Nasional dari tanggal 14-17 Februari 2013, acara pembukaannya di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah Jl. Menteng Raya No. 62  Jakarta, selanjutnya tempat pelaksanaan pelatihan di Gedung SLB Lebak Bulus Jakarta Selatan.

“Pelatihan Instruktur Nasional (PIN) ini merupakan agenda pertama dari jenjang Pelatihan Instruktur Wilayah. Standar perkaderan biasanya jumlah pesertanya 40 orang, tetapi pada Pelatihan Instruktur kali ini melebihi kuota yang ditargetkan panitia. Peserta yang hadir berjumlah 64 orang dari 25 utusan wilayah di Indonesia, selain itu juga peserta PIN hari ini diikuti dari utusan ortom AMM (IPM dan IMM) masing-masing 2 orang”.  Kata Pedri Kasman dalam sambutan Panitia pada acara pembukaan kemarin.

Dengan mengangatkat tema “Instruktur Visioner Untuk Kepemimpinan Trasnsformatif” menurut Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah Dr. Saleh P. Daulay, M.Ag, M.Hum, MA dalam sambutannya menyampaikan, “Sebenarnya Tujuan kegiatan Perkaderan adalah untuk Persyarikatan Muhammadiyah dan juga untuk bangsa dan Negara merujuk pada tiga hal : pertama, perkaderan itu adalah bagaimana membumikan kembali cita-cita keislaman; kedua, perkaderan bisa lebih menggairahkan roda organisasi Persyarikatan Muhammadiyah; Ketiga, kita didik kader-kader Pemuda Muhammadiyah bagaimana mengurus dan mengelola Bangsa dan Negara ini sehingga menjadi lebik baik di masa yang akan datang”.

Berdasarkan hasil Tanwir Pemuda Muhammadiyah di Pontianak Kalimantan Barat pada bulan Mei 2012  salah satunya adalah perubahan istilah Pelatihan, sekarang memakai istilah Pelatihan Instruktur Nasinal (PIN) atau Pelatihan Instruktur Wilayah (PIW)  dan kegiatan ini adalah bagian dari prgoram Bidang Pendidikan dan Kaderisasi PP Pemuda Muhammadiyah yang di Ketuai oleh Pantja Nur Wahidin, S.Pd, M. Pd.

Ketua PP Muhammadiyah Drs. Dahlan Rais, M. Hum yang membuka acara Pelatihan Instruktur Nasional berpesan, “Agar pribadi-pribadi Pemuda Muhammadiyah yang masuk kedalam segala lini kehidupan harus berbeda dengan orang lain karena kebaikannya”. (Masruri)

Sumber : http://www.muhammadiyah.or.id/id/news-2363-detail-pelatihan-instruktur-nasional-agenda-awal-program-kaderisasi-pimpinan-pusat-pemuda-muhammadiyah.html

Tags:

Admin

This information box about the author only appears if the author has biographical information. Otherwise there is not author box shown.